Rabu, 24 April 2013

Prospek tanah dijual di Klaten



Prospek tanah dijual di Klaten tentu saja dapat ditinjau dari berbagai aspek. Sudut pandang berbeda akan memberikan penilaian khas. Namun, sejauh ini perkembangan properti di kota ini cukup pesat mengikuti pertumbuhan dua kota besar sebelah barat dan timur, yakni Jogjakarta dan Surakarta. Meski demikian, secara jujur dan obyektif perlu dicermati adanya beberapa kendala dan tantangan ke depan sebelum Anda ingin terjun dalam bisnis properti di daerah ini.

Prospek tanah dijual di Klaten pada tahun 2012 terlihat cerah. Beberapa waktu kemarin, banyak pengembang/developer melirik wilayah Klaten untuk digarap. Di kota bersemboyan Berseri itu, harga tanah murah bila dibandingkan di  Yogya dan Solo menjadi faktor pendorong terjadinya fenomena ini, salah satunya karena belum banyak spekulan tanah bermain di kabupaten itu bila dibandingkan dengan dua wilayah lain tersebut di atas. Ini masih ditambah dengan cukup tingginya pertumbuhan nilainya. Perkembangan usaha-usaha baru terutama di sepanjang Jalan Jogja – Solo dan sekitar Jl. Pemuda seperti usaha kuliner/restoran/rumah makan, penginapan/hotel juga cukup pesat sehingga diharapkan dapat menimbulkan efek domino positif terhadap sektor perekonomian, tidak terkecuali properti.
Namun demikian, prospek tanah dijual di Klaten di masa akan datang masih menjadi pertanyaan bagi para pengembang. Ini berhubungan dengan pembatasan alih fungsi lahan basah atau konversi sawah menjadi lahan kering atau pekarangan terutama untuk keperluan hunian atau perumahan, di samping adanya tantangan bersumber dari aturan harus dipenuhi oleh developer untuk  menyediakan berbagai fasilitas umum (fasum) maupun fasilitas sosial (fasos). Oleh karenanya, ke depan kemudahan dan kecepatan layanan perijinan tentunya sangat diharapkan untuk menjadi pendorong bagi bisnis properti, tentunya tanpa mengabaikan harmoni dengan lingkungan serta hak-hak publik.

Artikel terkait:

1 komentar:

  1. slamat pagi agan:)
    waaw bisnis jual beli tanah di klaten menarik jga yah :)
    oiya btw agan tahu ga tmpat yg jual rumah purwokerto yg desainny minimalis serta huniannya nyaman lgi aman itu dmna ya ?
    mkasih salam sukses :)

    BalasHapus